Penyebab tidak bisa tidur setelah minum kopi

Pada umumnya, setelah meminum kopi maka anda akan berada dalam kondisi terjaga dan susah tidur. Bagi penikmat kopi, maka sudah pasti sering mengalami hal ini. Apalagi jika memiliki kebiasaan ngopi pada malam hari setelah makan. Biasanya orang tersebut akan terjaga hingga larut malam, bahkan ada juga yang terpaksa begadang sampai subuh karena tidak bisa tidur setelah minum kopi.

Kenapa minum kopi tidak bisa tidur ? masalah ini memang sudah menjadi perbincangan hangat bagi sebagian pecinta kopi. Akibat kebanyakan minum kopi bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hal ini. Namun, pada sebagian orang meskipun hanya minum kopi sedikit saja sudah tidak bisa tidur. Hal ini merupakan dampak buruk akibat tata cara yang salah saat mengkonsumsi kopi.

Penyebab Tidak Bisa Tidur Setelah Minum Kopi

Munculnya dampak buruk yang terjadi setelah minum kopi misalnya kesulitan tidur cenderung ditentukan dan disebabkan oleh kebiasaan dan gaya hidup seseorang. Sebenarnya mengkonsumsi kopi tidak dilarang dan tetap diperbolehkan asalkan pada takaran yang benar dan pada situasi yang tepat. Berikut alasan dan penyebab tidak bisa tidur setelah minum kopi.

Kafein Berlebihan

Kiat mengkonsumsi kopi yang baik dan sehat adalah dengan tidak lebih dari 3 gelas perhari dan tidak disarankan mengkonsumsinya 1 hingga 2 jam menjelang tidur malam. Kenapa minum kopi tidak bisa tidur? Mengkonsumsi kafein secara berlebihan dipastikan dapat memperlambat kerja adenosine receptor dalam tubuh , Hal inilah yang nantinya bisa menyebabkan seseorang terus menerus terjaga dari rasa kantuk.

Tidak Dicampur Susu

Kopi mengandung kafein yang dapat menstimulasi jaringan otak sehingga menjadi lebih aktif dan menekan rasa kantuk. Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan kesulitan untuk tidur terutama pada malam hari. Dengan meminum kopi yang telah dicampur dengan susu sapi murni dapat mengurangi dampak buruk kafein terhadap jaringan otak sehingga kualitas tidur tetap terjaga dengan baik.

Faktor Usia

Penyebab lain yang tidak bisa dipungkiri adalah faktor usia. Tidak bisa tidur setelah minum kopi adalah salah satu efek atau dampak buruk yang paling sering menyerang pria dan wanita yang berusia diatas 40 tahun dan usia lanjut. Hal ini karena pada usia usia tersebut jaringan otak menjadi sangat sensitif terhadap kafein sehingga menyebabkan gangguan kesulitan tidur.

Penderita Jantung

Penderita jantung sebenarnya sangat dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi kopi agar detak jantung atau kinerja jantung tetap pada kondisi terbaiknya. Penderita jantung akan mengalami jantung berdebar debar, dimana detak jantung lebih cepat atau sakit pada bagian dada jika mengkonsumsi kopi sehingga beresiko menyebabkan kesulitan tidur. Bahaya kopi bagi kesehatan jantung sangat penting untuk anda ketahui karena akan berdampak fatal jika diabaikan.

Minum Setelah Jam 5 Sore

Siapapun bisa menderita kesulitan tidur pada malam hari jika selalu mengkonsumsi kopi pada sore hari yaitu setelah jam 5 sore . Kafein yang terkandung pada kopi memiliki sifat pemberi dorongan energi. Selain itu, kafein juga akan memberi fokus mata dan pikiran menjadi lebih kuat dan rasa kewaspadaan lebih tinggi sebagai sinyal dan respon jaringan otak terhadap lingkungan sehingga seseorang seringkali tidak merasakan kantuk. Kondisi demikian yang menyebabkan kenapa minum kopi tidak bisa tidur.

Susah tidur setelah minum kopi

Tapi, pada dasarnya kafein dibutuhkan tubuh untuk melindungi jaringan, Hormon dan metabolisme tetap baik. Namun pada kadar yang berlebihan maka efek bahaya dari kafein bagi tubuh yang paling mendasar adalah dapat menstimulasi jaringan otak menjadi lebih aktif dan menekan rasa kantuk sehingga menyebabkan kesulitan untuk tidur terutama pada malam hari. Oleh karena itu, dianjurkan untuk makan buah buahan segar seperti pisang, Apel atau buah strawberry setelah minum kopi agar efek buruk kafein dapat segera dinetralisir.

Sudah Minum Kopi 3 Gelas, Tapi Tetap Bisa Tidur?

Meskipun pada umunya orang yang mengkonsumsi kopi akan susah tidur, namun ada juga yang menyatakan sudah meminum hingga 3 gelas kopi dan masih bisa tidur cepat. Hal ini memang benar, alasannya karena tiap darah manusia berbeda beda dalam merespon kandungan zat utama dalam kopi yaitu kafein. Jadi, ada sebagian orang tidak akan berdampak apa-apa saat atau setelah minum kopi.

Ada 12 jenis penyakit yang harus anda waspadai akibat minum kopi berlebihan. Karena selain dapat menyebabkan munculnya kesulitan tidur yang mengacu pada gejala insomnia, Ternyata juga dapat memicu munculnya keluhan kesehatan lain seperti kerusakan gigi, Memicu pertumbuhan kanker pada kandung kemih, Meningkatkan resiko kerapuhan tulang atau osteoporosis dan lain lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here