Ternyata ini penyebab seseorang mendengkur

Dengkur adalah getaran yang dihasilkan oleh aliran udara yang melewati saluran pernapasan yang tersumbat sebagian. Suara yang dihasilkan dari getaran ini dapat terdengar halus atau keras (parau) yang mengganggu. Secara umum, ngorok atau mendengkur paling banyak dialami oleh laki-laki. Sebanarnya, ketika seseorang mendengkur tidaklah mengindikasikan sebuah penyakit berbahaya. Namun, jika proses mendengkur itu disertai dengan henti nafas, maka anda perlu waspada dan memeriksakan diri ke dokter.

Kenapa Seseorang Bisa Mendengkur?

Karena mendengkur merupakan suara yang dihasilkan dari saluran pernafasan yang tersumbat sebagian, maka penyebab seseorang mendengkur ini sudah pasti terkait dengan saluran pernafasan. Penyebab terjadinya dengkuran saat tidur adalah sebagai berikut.

1. Gangguan pada Hidung

Seseorang bisa mendengkur jika pada hidung terjadi alergi yang mengganggu saluran pernafasan tersebut. Alergi tersebut seperti sinusitis, polip, atau bisa juga karena kelainan pada bentuk hidung. Kelainan pada bentuk hidung yang dimaksud adalah kondisi hidung yang bengkok sehingga saluran pernafasan menjadi lebih sempit.

2. Otot Tenggorokan dan Lidah yang Lemah

Pada kondisi ini, otot tenggorokan bisa menjadi sangat rileks. Jika terus berlanjut maka akan menutup saluran pernafasan. otot tenggorokan dan lidah yang semakin melemah biasa disebabkan oleh bertambahnya usia, konsumsi alkohol, atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

3. Jaringan Sekitar Tenggorokan Membesar

Seseorang juga bisa mendengkur karena jaringan sekitar tenggorokan yang semakin membesar. Contoh pada bagian ketiga ini misalnya kondisi leher yang berbeda secara anatomi, misalnya saja leher yang lebih besar atau lebih gemuk, atau amandel yang membesar pada anak-anak sehingga akan menutup sebagian saluran pernafasan, dan pada akhirnya terjadilah dengkuran.

4. Bagian Uvula yang Panjang dan Lunak

Uvula merupakan salah satu organ di tenggorokan yang bentuknya seperti samsak di mulut. Fungsi uvula pada mulut yaitu untuk menghentikan makanan naik hidung anda ketika kamu menelan. Jika uvula yang ada dalam mulut memiliki ukuran yang terlalu panjang, maka tentu akan menghalangi saluran pernafasan dan getaran akan dihasilkan oleh aliran udara.

Faktor-Faktor Penyebab Seseorang Mendengkur

Mendengkur merupakan suatu hal yang lazim di masyarakat, tetapi tidak semua orang mengalaminya. Oleh karena itu, terdapat faktor-faktor yang menyebabkan sekelompok orang bisa mendengkur. Faktor-faktor yang bisa membuat seseorang mendengkur adalah sebagai berikut.

1. Jenis Kelamin

Faktor penyebab seseorang mendengkur yang pertama adalah ditinjau dari jenis kelamin. Biasanya pria akan cenderung lebih beresiko untuk mendengkur dibanding dengan wanita. Namun, bukan berarti wanita tidak bisa mendengkur, hanya saja kemungkinannya lebih kecil.

2. Berat Badan

Kelebihan berat badan cenderung lebih beresiko untuk mengalami gangguan tidur ataupun gangguan pernafasan. Kelebihan berat badan akan membuat saluran prnafasan lebih sempit karena terhimpit oleh lemak. Hal ini yang akan membuat seseorang dengan berat badan berlebih lebih beresiko untuk mendengkur pada saat tidur.

faktor yang menjadi penyebab seseorang mendengkur

3. Penyumbatan pada Pernafasan

Faktor lainnya adalah karena adanya gangguan pada saluran pernafasan. Gangguan-gangguan ini akan menimbulkan penyumbatan pada saluran pernafasan. Misalnya saja gangguan pernafasan yang disebutkan diatas, seperti sinusitis, amandel, dll.

4. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Konsumsi alkohol secara berlebihan akan membuat otot tenggorokan menjadi rileks. Kondisi ini akan mengakibatkan saluran pernafasan menjadi tersumbat.

Gangguan Kesehatan Akibat Mendengkur

Pada dasarnya mendengkur tidaklah berbahaya, tetapi jika terlalu sering dialami maka bisa menyebabkan gangguan pernafasan dan kualitas tidur. Dari gangguan pernafasan yang mulanya hanya sebagian maka bisa beresiko terjadinya penyumbatan pernafasan secara total.

Ketika sesorang mendengkur maka sudah pasti akan sering terbangun. Kondisi seperti ini akan mengganggu kualitas tidur dan membuat tidur tidak nyenyak. Tidur yang tidak nyenyak tersebut akan mengganggu aktifitas anda. Misalnya saja, karena kurang tidur maka anda bisa saja tidak fokus saat berkendara dan berpotensi terjadinya kecelakaan.

Masalah lainnya yang tidak kalah penting yang diakibatkan oleh mendengkur adalah terganggunya fungsi jantung. Ketika seseorang mendengkur maka tekanan darah bisa menjadi tinggi sehingga akan mengakibatkan hipertensi atau bahkan stroke.

Itulah penjelasan bagaimana proses ketika seseorang mendengkur serta penyebab seseorang mendengkur. Jika anda sering mengalaminya, maka jangan khawatir karena mendengkur tidaklah mengindikasikan penyakit berbahaya. Hanya saja terdapat beberapa masalah diatas yang tidak bisa diabaikan. Selain itu, ketika anda mendengkur, makan orang yang tidur disekitar anda akan terganggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here