Penyebab Ketiak Hitam yang Paling Umum

Bagi sebagian orang yang sangat memperhatikan penampilan, seluruh detail bagian tubuh akan sangat diperhatikan. Termasuk dalam hal perhatian kepada warna kulit ketiak. Sering kali kondisi kulit ketiak yang menjadi gelap atau lebih hitam dibanding warna kulit pada bagian tubuh lain akan menjadi masalah. Biasanya, kondisi ketiak hitam ini akan menyebabkan rendahnya rasa percaya diri.

Pada umumnya, kondisi ketiak yang hitam paling sering dipermasalahkan oleh kaum wanita. Pada pria, meskipun memiliki ketiak hitam tidak akan menjadi masalah karena menggunakan baju berlengan. Lain halnya dengan kaum wanita yang menggunakan pakaian modis dan terbuka hingga kulit ketiak bisa kelihatan.

Jika pada area kulit lain, biasanya perubahan warna kulit menjadi lebih hitam karena adanya bekas luka. Penyebab lain dan yang paling sering terjadi adalah karena terkena paparan sinar matahari. Tentu saja penyebab tersebut tidak akan terjadi pada ketiak yang merupakan area yang tertutupi oleh lengan atas. Lalu, apa sebenarnya penyebab ketiak hitam?

Penyebab Ketiak Hitam yang Paling Umum

Jika membahas mengenai penyebab sebuah kelainan, termasuk penyebab ketiak menjadi hitam maka akan ada banyak sekali aspek. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan warna kulit ketiak menjadi lebih gelap atau tampak hitam.

1. Hiperpegmentasi Kulit

Pada kulit, warna kulit akan sangat ditentukan oleh pigmen melanin. Warna kulit bisa menjadi lebih gelap atau hitam karena memiliki sel melanosit yang lebih banyak. Sementara itu, hiperpegmentasi pada kulit ketiak adalah kondisi dimana pigmen-pigmen melanin lebih banyak tertumpuk di area ketiak. Akibatnya, warna kulit ketiak menjadi lebih hitam dibanding area kulit yang lain.

2. Bakteri Corynebacterium Minutissimun

Penyebab kulit ketiak menjadi hitam yang selanjutnya diakibatkan oleh bakteri yang disebut Bakteri Corynebacterium Minutissimun. Bakteri ini akan membuat penumpukan sel kulit mati pada daerah ketiak sehingga warna kulit ketiak menjadi hitam.

3. Mencukur Bulu Ketiak

Tidak jarang orang ingin membersikan ketiak dari bulu dengan cara mencukurnya. Pada saat mencukur bulu ketiak, tentu saja digunakan alat cukur berupa benda tajam. Pada saat bercukur, akan menyisakan folikel rambut yang masih tertanam. Akhirnya, karena folikel rambut tersebut sangat banyak dan rapat, maka akan menimbulkan pandangan terhadap kulit ketiak yang hitam.

Bercukur dapat Menyebabkan Ketiak Hitam

4. Produk Negatif Kosmetik

Penyebab lain yang tidak kalah penting adalah karena adanya efek samping atau dampak negatif dari penggunaan kosmetik pada area ketiak. Biasanya, kosmetik yang memiliki kandungan alkohol atau merkuri akan membuat warna kulit ketiak menjadi lebih hitam.

4. Acanthosis Nigricans

Keadaan Acanthosis Nigricans merupakan salah satu hal yang bisa dikatakan sebagai penyebab ketiak hitam. Keadaan ini merupakan kondisi dimana kulit menjadi menjadi menebal. Selain menebal, keadaan ini juga akan menyebabkan kulit menjadi agak lebih hitam.

Cara Mengatasi Ketiak Hitam

Sebenarnya banyak langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kulit ketiak yang menjadi hitam. Tapi, perlu diperhatikan bahwa ini semua harus bermula dari kebiasaan dan tidak akan didapatkan secara instan.

Jangan Menggunakan Pakaian Terlalu Ketat

Cara paling sederhana yang dapat anda lakukan untuk mengatasi ketiak hitam adalah dengan tidak sering menggunakan pakaian yang ketat. Alasan kenapa anda harus membiasakan diri untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat adalah, karena gesekan antara pakaian dan kulit ketiak akan membuat warna kulit ketiak menjadi lebih gelap secara perlahan-lahan.

Gunakan Racikan/Ramuan Alami

Solusi selanjutnya bagi anda yang memiliki ketiak hitam adalah dengan menggunakan ramuan alami. Beberapa racikan atau ramuan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi kulit hitam diantaranya air lemon, kentang, baby oil, dan butiran beras. Anda dapat mengatasi masalah kulit ketiak hitam dengan cara mengoleskan atau menggosok-gosokkan bahan-bahan tersebut pada area ketiak.

Cara Mengatasi Ketiak Hitam dengan jeruk lemon

Jangan Terlalu Sering Mencukur Bulu Ketiak

Jika anda ingin mengatasi masalah kulit ketiak yang hitam, maka sebaiknya anda berhenti mencabut atau mencukur bulu ketiak. Jika anda tidak bisa berhenti secara penuh, maka sebaiknya anda jangan keseringan mencukur bulu ketiak. Karena semakin sering anda mencukur bulu ketiak, maka akan membuat kulit ketiak menjadi kelihatan lebih hitam.

Itulah beberapa penyebab kulit ketiak hitam beserta cara mengatasinya. Jadi, jika anda mengalami masalah kulit ketiak hitam ini, anda bisa mencoba beberapa tips diatas untuk membuat warna kulit ketiak menjadi lebih cerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here