Cara mengalami pilek secara alami dan natural

Pilek merupakan salah satu gejala yang paling umum ditemukan pada anak-anak maupun orang dewasa. Pilek adalah tanda infeksi ringan pada hidung, saluran sinus, tenggorokan, dan saluran pernafasan bagian atas. Infeksi yang mengakibatkan pilek tersebut pada umumnya disebabkan oleh Virus. Virus ini biasanya dikenal oleh masyarkat umum dengan sebutan virus influenza.

Virus yang mengakibatkan infeksi tersebut memiliki sifat self limiting desease yang artinya akan sembuh sendiri dalam waktu satu minggu jika memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Terjadinya pilek akan menyebabkan hidung tersumbat, yang terjadi karena dua mekanisme yaitu melebarnya pembuluh darah dan meningkatnya produksi lendir.

Pelebaran pembuluh darah akan membuat mukosa hidung menjadi bengkak, pada akhirnya akan mempersempit rongga hidung. Sementara peningkatan produksi lendir akan membuat rongga hidung akan dipenuhi oleh lendir. Sehingga jika terjadi dalam waktu yang cukup lama akan membuat hidung menjadi tersumbat.

Jika anda mengalami pilek, maka keseharian yang dialami sudah pasti tidak nyaman. Hal ini karena harus bernafas dan beraktifitas dengan kondisi hidung yang tersumbat. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai cara mengatasi pilek secara alami/natural, jadi anda tidak membutuhkan obat-obatan kimia.

Cara Mengatasi Pilek Secara Alami

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meredakan atau menghilangkan pilek yang sedang dialami. Menariknya adalah, karena anda tidak membutuhkan obat kimia, melainkan dilakukan secara natural dan dapat dilakukan di rumah. Jadi sudah pasti bebas dari resiko efek samping apalagi ketakutan munculnya penyakit lain.

1. Menggunakan Jahe

Cara mengatasi pilek secara natural yang pertama adalah dengan menggunakan jahe. Jahe merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat mudah untuk ditemukan. Jahe ini memiliki sifat antioksidan, karena dapat mencegah infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, jahe juga dapat bersifat dekongestan yaitu untuk melegakan tenggorokan. Tidak hanya itu, jahe juga dapat bersifat diaphoretic yang akan membuat tubuh mengeluarkan keringat. Hasilnya, tubuh akan menjadi terasa lebih hangat.

Cara pengolahan jahe untuk dijadikan obat pilek adalah dengan merebusnya dan ditambahkan madu kemudian dikonsumsi. Selain itu, anda juga dapat memasukkan jahe tersebut ke dalam sup kemudian dikonsumsi ketika makan.

Cara mengalami pilek secara alami dan natural menggunakan jahe

2. Menggunakan Esential Oil

Cara kedua yang bisa anda gunakan untuk mengatasi pilek secara alami adalah dengan menggunakan Esential Oil. Cara penggunaannya sangat mudah, anda cukup tetesken esential oil sebanyak 6-8 tetes ke air hangat. Setelah itu, silahkan hirup udara dari air hangat tersebut untuk melegakan tenggorokan.

3. Menggunakan Larutan Garam

Cara lainnya adalah dengan menggunakan larutan garam, tetapi larutan garam yang dimaksud disini adalah larutan garam yang memiliki kandungan NaCl 0,09%. Larutan garam ini dapat anda beli di apotik terdekat. Cara menggunakannya adalah dengan meneteskan 4-5 tetes ke hidung menggunakan pipet. Setelah itu, silahkan keluarkan larutan garam tersebut beserta lendir yang terdapat pada rongga hidung.

4. Menggunakan bawang Putih

Fungsi bawang putih sebenarnya sama seperti jahe, yaitu sebagai antioksidan alami untuk mencegah infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Cara menggunakan bawang putih sebagai obat pilek dapat anda cincang kemudian dimakan mentah-mentah. Atau bisa juga anda masukkan 1-2 siung ke air hangat kemudian ditambahkan madu, lalu dikonsumsi.

Cara mengalami pilek secara alami dan natural menggunakan bawang putih

Perilaku Sehat Untuk Mengatasi Pilek

Selain cara-cara mengatasi pilek diatas, anda juga bisa melakukan tips-tips sederhana berikut untuk mengatasi pilek. Meskipun sangat sederhana dan mudah dilakukan, namun dapat memberikan perubahan yang signifikan.

Perilaku sehat yang dapat anda lakukan misalnya dengan menjaga kebersihan, rajin mencuci tangan. Jika anda sedang pilek, maka tutup mulut dengan lengan atas dan jangan menggunakan telapak tangan. Karena, telapak tangan akan menjadi sumber penularan pilek kepada orang lain. Selain itu, anda juga harus mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayur-sayuran. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh, agar meningkatkan daya tahan tubuh.

Karena pilek disebabkan oleh virus, maka anda juga harus memiliki istirahat yang cukup, agar daya tahan tubuh anda bisa naik. Selain itu, anda juga harus banyak meminum air hangat untuk melegakan tenggorkan. Kemudian cobalah untuk mandi atau berendam menggunakan air hangat, hal ini bertujuan agar uap air hangat tersebut dapat melegakan hidung yang tersumbat dan juga melegakan tenggorokan.

Jika anda sudah melakukan cara mengatasi pilek secara alami diatas beserta perilaku alami yang harus dilakukan sehari-hari, tetapi masih saja pilek secara berkepanjangan. Maka sangat disarankan agar anda segera memeriksakan diri ke dokter di klinik atau rumah sakit terdekat untuk menghindari penyakit yang lebih serius.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here