Manfaat racun kalajengking

Saat ini pembahasan terkait racun kalajengking sedang naik daun. Berbagai kalangan masyarakat mulai membicarakan secara hangat terkait racun dari hewan yang cukup berbahaya ini. Hal ini bermula ketika adanya pemberitaan terkait penyataan presiden Republik Indonesia terkait racun kalajengking. Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa racun dari binatang ini bisa dijadikan peluang usaha dengan keuntungan yang sangat menggiurkan.

Penyataan tersebut terlontar dari mulut presiden Joko Widodo ketika sedang menjadi pembicara pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasinal (Musrembangnas) 2018. Dalam penyataan tersebut, beliau mengungkapkan bahwa racun kalajengking justru sebenarnya mempunyai harga lebih mahal ketimbang emas. Ini desebabkan karena harga racun kalajengking dikatakan bisa mencapai Rp.145 miliar per liter.

Melihat pernyataan yang dilontarkan orang nomor satu Indonesia tersebut, maka muncullah berbagai pertanyaan dikalangan masayarakat terkait apa yang membuat racun kalajengking bisa semahal itu. Misalnya saja, ada yang bertanya apa yang membuat racun kalajengking sangat mahal? apakah racun kalajengking menjadi sangat mahal karena bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit tertentu yang bahkan belum ada obatnya?. Apa sebenarnya khasiat dan manfaat dari racun kalajengking bagi kesehatan?.

Khasiat dan Manfaat Racun Kalajengking Bagi Kesehatan

Ucapan Jokowi terkait harga racun kalajengking ternyata bukanlah candaan kosong semata, melainkan ada pembuktian ilmiah. Dilansir dari portal berita BBC News, racun kalajengking dari Amerika Tengah dikabarkan terbukti secara efektif mampu mencegah komplikasi dari berbagai penyakit.

Fakta mengejutkan tersebut ternyata telah dibuktikan oleh para peneliti dari University of Leeds yang menemukan bahwa racun margatoxin yang terdapat pada Kalajengking jenis kulit kayu memiliki kahsiat luar biasa. Racun ini memiliki kemampuan 100 kali lebih kuat dibanding senyawa lain untuk mencegah kegagalan cangkok vena.

Hasil penelitian ini telah diterbitkan secara daring dalam jurnal Cardiovascular Research. Ketua Peneliti David Beech menjelasakan terkait bagaimana cara kerja racun kalajengking ketika mengobati tubuh pasien gagal jantung. Dalam penjelasannya, diutarakan bahwa toksi bekerja dengan memblokir saluran ion kalium yang disebut Kv1.3, pori pada membran sel yang membuka dan menutup sebagai respons terhadap sinyal listrik dan membantu pengiriman ion kalsium yang mengambil pesan antarsel.

Beech kemudian melanjutkan bahwa racun akan menekan respons alami pembulu darah terhadap cedera, sehingga menjaga pembulu darah tetap bersih. Saat melihat cara kerja dari racun kalajengking tersebut, tim peneliti bahkan sampai terkejut dengan hal ini.

Tidak hanya itu saja, penelitian tersebut juga mengungkapkan hal lain yaitu manfaat racun kalajengking yang teruji ampuh bahkan dalam kadar molekul yang sedikit. Racun ini dikatakan tidak akan mematikan bagi manusia, tetapi memiliki efek sengatan yang sangat menyakitkan dan dapat menimbulkan efek pembengkakan serta kesemutan.

Apa manfaat racun kalajengking?

Studi lain yang dilakukan para ahli turut menemukan bahwa racun kalajengking bisa membantu memerangi kanker. Jim Olson misalnya, seorang dokter spesialis penyakit kanker otak ini pernah mengembangkan “tumor pain” dari racun kalajengking yang berhasil mengidentifikasi kanker otak. Penelitian yang dilakukannya merekayasa ulang protein spesifik dari kalajengking yang berasal dari Israel untuk membuatnya mengikat sel kanker. Hasil yang diperoleh dapat membantu dalam mengidentifikasi sel di dalam tubuh.

Itulah beberapa fakta menarik terkait racun kalajengking yang sering disebut-sebut sangat bermanfaat bagi kesehatan dan harganya yang fantastis. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keamanan dan efek samping yang akan ditimbulkan ketika digunakan pada manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here