Cara mencegah hipertensi

Anda mungkin sudah mengenal yang namanya penyakit Hipertensi. Penyakit satu ini memang menjadi salah satu penyakit yang selalu menghantui masyarakat. Penyakit hipertensi merupakan penyakit ditandai dengan adanya peningkatan tekanan darah. Beberapa orang mungkin akan menganggap enteng ketika mengalami peningkatan tekanan darah, dan ada juga yang acuh tak acuh. Namun, jika kondisi tersebut dibiarkan secara terus menerus maka akan mengundang penyakit yang lebih ganas. Contoh penyakit ganas atau kronis yang akan berujung pada komplikasi yang bermula dari hipertensi seperti penyakit jantung, stroke, ginjal, bahkan gangguan pembuluh darah.

Bagaimana Cara Mencegah Hipertensi?

Hipertensi adalah salah satu dari berbagai penyakit yang tidak memandang jenis kelamin. Hipertensi dapat terjadi baik pada wanita maupun pada pria, dan lebih banyak menyerang orang-orang yang telah berusia diatas 40 tahun. Namun, bukan berarti kelompok usia muda akan terbebas dari ancaman penyakit ini. Untuk menghindari penyakit Hipertensi, berikut tips-tips yang bisa anda lakukan pada kehidupan sehari-hari.

1. Mengubah Gaya Hidup

Tidak bisa dipungkiri bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan pola hidup yang anda lakukan akan selalu memberikan dampak positif dan negatif. Cuma bedanya, ada jenis pola hidup yang akan berdampak positif lebih banyak dibanding negatifnya. Jadi, untuk mencegah hipertensi, maka anda hanya perlu mengubah pola atau gaya hidup dengan melakukan kegiatan yang lebih positif. Selain itu yang tidak kalah penting adalah mengatur pola makan dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

2. Olahraga Secara Rutin

Beberapa orang menganggap bahwa aktivitas olahraga sebagai sesuatu hal yang membosankan. Namun, perlu anda ketahui bahwa olahraga yang dilakukan dengan rutin secara teratur minimal 30 menit setiap hari dapat membantu memperlancar peredaran darah. Aktivitas olahraga yang bisa anda lakukan untuk mencegah hipertensi misalnya joging, bersepeda, berenang, aerobik. Atau jika anda tidak sempat atau waktu luang kurang, maka aktivitas sehari-hari di rumah juga bisa menjadi bagian dari olahraga, seperti menyapu halaman rumah, mengepel, naik turun tangga, jalan kaki keliling komplek, dan lain sebagainya.

3. Atur Makanan yang Dikonsumsi

Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk mencegah hipertensi adalah dengan mengatur makanan yang dikonsmsi. Misalnya denga memperbanyak asupan sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan makanan smber protein lain yang rendah lemak. Perbanyak juga mengkonsumsi makanan yang kaya akan potasium, kurangi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti gorengan atau makanan cepat saji. Batasi asupan garam atau natrium ke dalam tubuh. Selain itu yang tidak kalah penting adalah jangan mengkonsumsi alkohol dan rokok karena sangat berbahaya. Karena kandungan nikotin yang terdapat pada rokok dapat merusak dinding pembuluh darah yang megakibatkan resiko hiprtensi. Dengan mengatur jenis makanan dikonsumsi, maka akan membantu mengatur tekanan darah.

4. Jaga Berat Badan Ideal

Sudah tidak asing lagi bahwa berat badan hampir selalu menjadi bagian darimasalah kesehatan. Hal ini juga tentu berlaku pada penyakit hipertensi. Berdasarkan hasil penelitian, orang-orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas memiliki resiko peningkatan tekanan darah yang lebih cepat. Dengan demikian peluang untuk terkena hipertensi karena berat badan tentu saja akan lebih besar pula. Jadi, sebagai salah catu cara untuk mencegah hipertensi adalah agar menjaga berat badan tetap dalam kondisi ideal.

Cara mencegah hipertensi dengan berat badan ideal

5. Hindari Stres

Stres memang bisa menimpa kapan saja dan siapa saja, dan tidak mengenal tempat serta waktu. Rutinitas kerja atau kegiatan sehari-hari di sekitar anda yang memicu timbulnya stres dapat meningkatkan tekanan darah tinggi yang akan berujung pada penyakit hipertensi. Hal ini dapat anda atasi dengan cara jalan-jalan, kumpul-kumpul dengan keluarga, melakukan kegiatan favorit atau bentuk aktivitas rekreasi lainnya.

6. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Rutin

Sebenarnya bagian ini berlaku bagi siapa saja, tidak hanya terbatas pada penyakit hipertensi. Terlebih lagi bagi anda yang sudah berusia lanjut diatas 40 tahun, maka sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin setidaknya 1-2 kali setahun.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk menghindari hipertensi. Setelah anda mengetahuinya, maka mulai dari sekarang berusahalah untuk menjalankan pola hidup sehat dan olahraga secara rutin serta konsumsi makanan yang sehat pula. Semua itu dilakukan agar anda bisa terhindar dari penyakit hipertensi dan penyakit lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here