Manfaat timun suri bagi kesehatan

Timun suri merupakan Buah yang memiliki bentuk lonjong dengan kulitnya berwarna kuning ini merupakan salah satu buah yang sangat digemari oleh masyarakat. Tidak hanya menjadi salah satu menu favorit bagi masyarakat Indonesia, terutama sebagai buah saat berbuka puasa. Buah satu ini juga memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Manfaat timun suri akan sangat terasa bagi tubuh apabila anda dikonsumsi secara rutin setiap harinya.

Timun suri termasuk ke dalam kategori labu-labuan atau dalam bahasa Latin disebut dengan Cucurbitaceae. Di dalam buah timun suri terkandung aneka zat yang sangat bermanfaat untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin C, kalium, asam linoleat, fluktosa, saponin, potasium, dan magnesium. Dari zat-zat yang dikandungnya sudah jelas dapat kita ketahui bahwa buah yang menjadi salah satu faforit masyarakat ini ternyata bukan hanya menyegarkan saja tapi juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

Jika anda termasuk orang yang sering mengkonsumsi timun suri, maka Dibawah ini adalah aneka manfaat timun suri yang akan anda dapatkan.

1. Membantu Proses Detoksivikasi Racun

Tubuh manusia memiliki sistem detoksivikasi sebagai cara untuk membuang racun-racun yang ada di dalamnya. Jika anda mengkonsumsi timun suri secara seimbang, maka akan membantu dalam memperlancar pembuangan racun-racun atau detoksivikasi dari dalam tubuh. Terdapat berbagai jenis racun yang dapat dibuang melalui konsumsi timun suri ini, salah satunya adalah cacing pita yang merupakan parasit yang cukup berbahaya bagi kesehatan.

2. Melancarkan Pencernaan

Timun suri memiliki khasiat untuk membantu memperlancar sistem pencernaan. Alasan pernyataan ini, karena buah yang satu ini mengandung banyak air sehingga dapat memperlancar proses pencernaan di dalam tubuh. Oleh karena itu, jika anda memiliki keluhan seperti gastritis atau tukak lambung dan maag sangat pas jika mengkonsumsi buah yang satu ini.

3. Sumber Antioksidan

Tubuh manusia membutuhkan antioksidan untuk membantunya melawan dari segala bentuk penyakit yang mematikan. Timun suri adalah salah satu makanan yang bisa menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Di dalam buah timun suri terdapat kandungan kalium, mangan, magnesium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Zat-zat kandungan timun suri tersebut sangat baik digunakan oleh tubuh untuk menangkal segala radikal bebas yang masuk ke dalamnya.

4. Menyehatkan Ginjal

Timun suri termasuk buah yang memiliki kadar air yang tinggi sehingga dapat mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh. Oleh sebab itu, buah ini termasuk sebagai obat diuretik yang baik untuk tubuh. Pada akhirnya, buah ini akan membantu anda menjaga kesehatan organ ginjal dalam tubuh.

Manfaat timun suri yang harus anda ketahui

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Setiap orang pastilah ingin memiliki kekebalan tubuh yang baik. Dengan begitu penyakit-penyakit pun tidak mudah menyerang. Salah satu pertanda buruknya sistem kekebalan pada tubuh adalah jika mudah terserang flu atau pilek. Tapi tidak perlu khawatir, timun suri dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Di dalam buah ini terdapat kandungan vitamin C dengan kadar yang cukup untuk membantu sistem kekebalan tubuh.

6. Menjaga Regenerasi Sel-sel di Dalam Tubuh

Timun suri adalah buah yang baik dikonsumsi oleh anda yang baru saja sembuh dari sakit. Ini karena buah ini akan membantu mengembalikan sel-sel yang telah mati atau telah rusak selama sakit. Dengan demikian, proses pemulihan dari sakit akan berjalan lebih cepat.

Itulah beberapa manfaat timun suri yang tubuh anda akan peroleh ketika mengkonsumsinya. Tapi, tidak hanya itu saja, masih banyak manfaat lain yang dapat anda peroleh ketika mengkonsumsi buah timun suri. Begitu banyaknya manfat timun suri yang dapat digunakan sebagai asupan nutrisi bagi kesehatan tubuh kita. Untuk itu, anda sebaiknya menambahkan timun suri ke daftar menu favorit harian agar dapat merasakan manfaat sehat yang maksimal dari buah tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here