Wednesday, May 2, 2018

Bau Mulut Meski Rajin Sikat Gigi, Ini Penyebabnya

Sikat gigi merupakan salah satu kegiatan yang seharusnya rutin dilakukan oleh semua orang. Hal ini karena aktivitas tersebut dapat membantu menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dari orang yang bersangkutan. Selain itu, alasan kenapa anda harus rutin melakukan sikat gigi adalah untuk mencegah terjadinya bau mulut. Karena, jika terjadi bau mulut tentu saja akan mengganggu orang disekitar anda dan bisa menurunkan rasa percaya diri.

Namun tak jarang dijumpai, meskipun sudah melakukan sikat gigi secara rutin tetapi masih saja mendapati nafas dalam keadaan bau. Bau mulut yang dialami meskipun sudah rajin sikat gigi ini tentu saja akan menjadi masalah dan merepotkan. Oleh karena itu, pada tulisan ini akan dibahas mengenai bau mulut dan penyebabnya. Karena, jika anda sudah rajin sikat gigi tetapi tetap bau mulut maka bisa dikatakan bahwa pasti terdapat penyebab lain yang mengakibatkan bau mulut tersebut.

Bau Mulut dan Penyebabnya

Dalam dunia kesehatan, bau mulut disebut juga sebagai halitosis. Pada beberapa penelitian yang dilakukan, sebanyak 50% populasi manusia di dunia ini mengalami kondisi tersebut. Hal ini disebabkan rongga mulut yang mengandung ribuan mikroorganisme, baik yang menguntungkan ataupun yang merugikan.

Bau mulut itu sendiri dapat terjadi akibat faktor dari dalam dan dari luar. Penelitian mengatakan, 90% kasus bau mulut terjadi akibat adanya masalah pada rongga mulut; 9% akibat masalah dari sistem pernapasan, dan 1%-nya akibat masalah pencernaan (gastrointestinal). Jika dijabarkan, berikut yang termasuk ke dalam kategori penyebab bau mulut:
1. Lidah kotor
Seperti halnya gigi, lidah yang kotor juga dapat menyebabkan terjadinya bau mulut. Ini karena lidah yang tidak dibersihkan secara berkala dapat menjadi tempat kembang biak bakteri jahat di dalam mulut. Jadi pastikan ketika anda menyikat gigi maka anda juga harus membersihkan bagian lidah.
2. Gigi berlubang dan sisa akar gigi
Gigi berlubang dan sisa akar gigi yang diabaikan bisa menyebabkan sisa makanan mudah menyangkut. Jika Anda tidak menyikat gigi hingga bersih secara menyeluruh, sisa makanan yang menyangkut itu dapat menjadi tempat bakteri bertumbuh dan berkembang. Pada akhirnya, bau mulut tak bisa lagi dihindari.
3. Radang gusi
Ditandai dengan gusi berdarah dan pembentukan karang gigi, masalah ini menyerang pada penyangga gigi (tulang dan gusi). Radang gusi menyebabkan tampilan gusi berwarna memerah dan meradang. Penelitian menemukan, kantung gusi yang terbentuk akibat radang gusi dapat menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut.
4. Gigi palsu
Gigi palsu cekat atau lepasan yang tidak dirawat secara rutin dan teratur dapat menyebabkan munculnya bau mulut. Ini karena gigi palsu tetap bisa kotor, bercelah atau berlubang, sehingga bila tidak dikontrol rutin oleh dokter gigi dapat menjadi tempat bagi kuman untuk bersarang. Pada akhirnya, apa lagi kalau bukan keluarnya bau tak sedap dari dalam mulut.
5. Penyakit sistemik
Infeksi saluran napas, gangguan pencernaan, diabetes, atau kelainan pada hati juga dapat menyebabkan terjadinya bau mulut. Begitu pula dengan konsumsi obat-obatan golongan tertentu, misalnya antidepresi dan obat darah tinggi.

Itulah penjelasan tentang bau mulut dan beberapa kondisi yang dapat menyebabkan napas bau meski Anda sudah rajin sikat gigi. Jika Anda merasa sangat terganggu dengan kondisi yang Anda alami tersebut, jangan ragu atau malu untuk berobat ke dokter gigi terdekat.

Note

Himbauan: Jika artikel ini memang bermanfaat, mohon bagikan (share) artikel ini agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih :)


EmoticonEmoticon