Wednesday, April 25, 2018

10 Makanan berkolesterol tinggi yang harus anda hindari


Bagi anda yang selama ini senang menyantap makanan yang berkolesterol tinggi ,sebaiknya anda menghentikan kebiasaan tersebut. Jika hal ini dirasa cukup sulit maka anda ckup menghindari 10 jenis makanan yang akan dijelaskan berikut ini. Dengan demikian, anda akan aman dari bahaya serangan jantung dan stroke yang dapat menyebabkan kematian di usia muda. Berikut 10 makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang harus anda hindari menurut john Afifi, 2010.
1.Hati
Meskipun hati memiliki banyak kandungan nutrisi bagi tubuh, hati juga memiliki kolesterol yang cukup tinggi. Di dalam 100 gram hati terdapat setidaknya 564 miligram kolesterol atau sekitar 188 persen dari kebutuhan kolesterol harian. Jadi, jangan sampai anda membiasakan makan hati setiap hari.

2. Kuning Telur
Dalam 100 gram kuning telur setidaknya terdapat kandungan kolesterol sebanyak 1.200 miligram. Jumlah ini sekitar empat kali lipat dari kebutuhan kolesterol perhari. Anda sebaiknya hanya mengonsumsi kuning telur ini sesuai kebutuhan.

3. Margarin
Dalam 100 miligram margarin terkandung sedikitnya 215 miligram kolesterol. Margarin terdapat pada roti, kue, dan biscuit kering yang kerap disajikan sebagai cemilan. Anda boleh mengonsumsi jenis-jenis makanan tersebut, asalkan tetap membatasi jumlahnya per hari.

4. Makanan Cepat Saji
Kandungan kolesterol yang terkandung di dalam makanan cepat saji tergolong sangat tinggi. Hal ini tidak mengherankan mengingat proses pembuatannya menggunakan minyak jenuh.

5. Burger Keju
Burger keju pada umumnya dibuat dengan ukuran besar. Dengan ukuran yang besar, burger keju mengandung sekitar 175 miligram kolesterol. Oleh karena itu, jika sudah menyantap burger keju, anda sebaiknya tidak lagi mengonsumsi makanan-makanan lain yang memiliki kandungan kolesterol tinggi.

6. Daging Olahan
Berbagai daging olahan dari ayam, kambing, sapi, domba memiliki kandungan kolesterol cukup tinggi. Ini disebabkan karena daging olahan biasanya menggunakan natrium yang cukup banyak sebagai bahan pengawet daging olahan.

7. Es Krim
Es krim ternyata memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Bahkan, satu buah es krim dapat dikatakan memiliki kandungan kolesterol 10 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan 10 donat.

8. Keju
Keju memang kaya akan protein dan kalsium. Akan tetapi, kandungan kolesterolnya juga tidak kalah tinggi. Dalam 100 miligram keju setidaknya terdapat 123 miligram kolesterol. Adapun setiap satu inci keju terkandung sekitar 21 miligram kolesterol. Oleh karena itu, mengonsumsi keju baik sebagai taburan kue maupun dalam bentuk olahan makanan harus dibatasi dan tidak boleh berlebihan setaip hari.

9. Ayam
Daging ayam yang digoreng juga mengandung kolesterol tinggi. Dalam hal ini, kandungan kolesterolnya banyak terletak pada bagian kulit. Anda boleh saja mengonsumsi ayam sebagai menu harian. Akan tetapi, anda sebaiknya mengolah dengan cara merebus atau mengukus, kemudian membuang kulitnya. Hal ini bertujuan agar tingkat kolesterolnya menjadi lebih rendah.

10. Udang
Udang diketahui memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Setidaknya dalam 100 miligram udang terdapat 195 miligram kolesterol. Anda tetap boleh mengonsumsi udang, tetapi tidak boleh sering ataupun berlebihan. Selain itu, cara pengolahannya lebih baik direbus, tidak digoreng.


Itulah beberapa jenis makanan yang harus anda hindari agar kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan terhindar dari kolesterol tinggi. Namun, jika anda tidak bisa menghindarinya sama sekali, maka usahakan agar tidak terlalu sering mengkonsumsinya.

Note

Himbauan: Jika artikel ini memang bermanfaat, mohon bagikan (share) artikel ini agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih :)


EmoticonEmoticon