Tuesday, September 19, 2017

Dibalik Kelezatan Spaghetti


Bagi kebayakan orang, khususnya yang tinggal di kota-kota besar dan bergaya hidup hedonis, mengonsumsi spaghetti pada umumnya sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehingga amat sulit dipisahkan. Pada dasarnya, kebiasaan ini kurang baik dilakukan karena berdampak buruk, menyebabkan kegemukan, diabetes, penyakit jantung, dan sebagainya. Jika kebiasaan ini terus dilakukan kemungkinan akan menyebabkan timbulnya penyakit di usia muda.

Zat-zat yang terkandung didalam spaghetti menjadi penyebab bahaya terlalu sering menyantap jenis makanan ini. Beberapa zat tersebut antara lain superstarch, supergluten, dan superdrug.

Superstarch: adalah kandungan pati di dalam spaghetti yang sudah dimodifikasi menjadi lebih banyak sehingga tidak mengherankan jika spaghetti lebih kenyal dan lembut. Zat ini bisa,meningkatkan kadar gula di dalam darah lebih dari dua sendok makan gula pasir .

Supergluten: dapat memicu inflammation (peradangan), menyebabkan kegemukan, serta mengundang datangnya penyakit kronis

Superdrug: semacam kecanduan, efek kecanduan ini disebabkan sewaktu menyantap spaghetti, protein yang ada didalamnya diubah menjadi rantai protein yang lebih pendek, yaitu polipeptida atau disebut juga exorfin. Pengaruh rantai protein tersebut menyerupai endorphin. Superdrug dalam spaghetti ini menyebabkan berbagai masalah,termasuk autisme dan skizofrenia.

Ketiga zat ini dapat menyebabkan leaky gut (kebocoran usus) yang menjadi pemicu utama berkembangnya penyakit autoimun. Apabila penyakit ini sudah bersarang dalam tubuh maka akan muncul berbagai penyakit.

Namun anda tidak perlu khawatir karena anda tetap dapat menyantap spaghetti di rumah satu kali seminggu.

Berikut adalah resep sehat makan spaghetti.

  1. Pilih spaghetti yang tepat,maksudnya adalah pastikan anda memilih spaghetti yang terbuat dari bahan gandum utuh.Spaghetti jenis ini memiliki kandungan serat tinggi serta cukup baik untuk menjaga kesehatan jantung. 
  2. Tambahkan sayuran dalam sajian,pilihlah sayuran segar yang berwarna warni untuk menambah nilai gizi. 
  3. Lengkapi dengan protein,misalnya dada ayam tanpa kulit. 
  4. Saus rendah natrium.Kebanyakan saus memiliki kandungan natrium cukup tinggi.Zat ini bisa merusak nilai gizi dari spaghetti.Untuk itu,anda sebaiknya menggunakan saus rendah natrium sebagagi pelengkap.Periksa label saus untuk memastikan hal ini sebelum anda mengonsumsinya. 

Note

Himbauan: Jika artikel ini memang bermanfaat, mohon bagikan (share) artikel ini agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih :)


EmoticonEmoticon