Monday, September 25, 2017

Bahaya makan dan minum sambil berdiri


Seiring dengan perubahan gaya hidup banyak hal penting yang sering diabaikan. Salah satunya adalah makan dan minum yang memenuhi kaidah kesehatan. Dalam kehidupan sehari-hari ,sebagian orang sering membiasakan diri makan dan minum apa pun sambil berdiri. Mereka tidak menyadari bahwa ada bahaya yang ditimbulkan dari kebiasaan tersebut.

Seorang pakar menjelaskan bahwa makan dan minum sambil berdiri menyebabkan makanan langsung jatuh ke usus. Bila hal ini terus dilakukan terus –menerus maka dapat memicu disfungsi pencernaan yang membuat system pencernaan menjadi tidak sehat.

Ketika system pencernaan sudah tidak sehat ,maka  penyakit berbahaya mudah menyerang tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 70 persen penyakit disebabkan oleh system pencernaan yang tidak sehat .Angka ini menunjukkan bahwa masalah pencernaan bukanlah hal yang sepele sehingga harus benar-benar diperhatikan.

Secara normal ,otot-otot pencernaan selalu bekerja untuk memindahkakn makanan dari lambung ke usus hingga melewati  usus halus.Pada akhirnya ,sisa makanan yang tidak bermanfaat dibuang melalui sistem pembuangan. Proses inilah yang memungkinkan makanan dapat diproses dari tahap satu menuju fase selanjutnya. Apabila terjadi masalah pencernaan maka sel-sel saraf alat cerna akan mengalami kerusakan. Akibatnya ,otot lambung dan usus besar  yang bekerja mencerna makanan tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Karena tidak berfungsi  normal,makanan tidak dapat diambil gizinya dan kemungkinan besar masih banyak yang tersisa atau menempel di dinding usus besar .Hal ini dapat menyebabkan kekurangan gizi.

Dari penjelasan tersebut, maka hendaknya segera menghentikan kebiasaan buruk berupa suka makan dan minum sambil berdiri. Hal ini penting dilakukan agar sistem pencernaan senantiasa sehat serta terhindar dari bahaya penyakit yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit bahkan diusia yang masih muda.

Sesungguhnya Rasulullah s.a.w  melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata:” Bagaimana dengan makan?”.Beliau menjawab : “itu lebih buruk lagi”

(HR. Muslim )

Note

Himbauan: Jika artikel ini memang bermanfaat, mohon bagikan (share) artikel ini agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih :)


EmoticonEmoticon