Sunday, March 19, 2017

Sering Insomnia? Atasi dengan cara ini


Tidur bisa mudah dilakukan, akan tetapi terkadang bisa sangat sulit bagi penderita insomnia. 15 hingga 25 % orang dewasa menderita insomnia, Kabar baiknya adalah bahwa  semua orang tidak perlu tidur delapan jam setiap malam. Sebagian orang menyebut diri mereka sebagai "penderita insomnia" karena mereka hanya tidur kurang dari delapan jam perhari. Ritme tubuh sebagian orang memang seperti itu sehingga energi terbesar dan paling kreatif mereka muncul ditengah malam. Terus terbangun bukan pertanda sebuah penyakit, ini mungkin hanya pertanda bahwa seseorang harus menggunakan waktu terjaga ini untuk mengerjakan pekerjaan yang kreatif.

Mungkin cara terbaik untuk menentukan apakah anda cukup tidur setiap malam adalah jika merasa tenang dan segar saat terbangun. Jika anda tidak merasa tenang dan membutuhkan pertolongan jangan langsung beralih ke obat, disamping efek sampingnya juga bisa menyebabkan ketergantungan.
Berikut ini ada beberapa cara untuk menolak insomnia.
  1. Relaksasi, pijatlah telapak kaki anda, atau kalau tidak keberatan mintalah orang lain untuk memijatnya. jenis pemijatan seperti ini bisa sangat merelakskan.
  2. Mandilah air hangat, sebanarnya suhu tubuh turun setelah selesai mandi air hangat, tapi menurunnya suhu tubuh berkaitan dengan perasaan mengantuk.
  3. Hindarilah tidur siang, tidur siang harus dihindari jika anda memiliki masalah insomnia.
  4. Berolahraga. 
  5. Hindari alkohol.
  6. Biasakn untuk minun teh, karena memberikan efek relaksasi.
  7. Hindari produk berkafein, termasuk minuman kola, aspirin, pil diet, kopi.
  8. Jangan merokok, nikotin dalam rokok adalah obat perangsang yang mempengaruhi sistem saraf pusat dan akan membuat anda terus terjaga dimlm hari .
  9. Ingat matikan lampu sebelum tidur,ini akan memberi tanda pada otak anda untuk segera beristirahat (Dana Ullman, 2012)

Note

Himbauan: Jika artikel ini memang bermanfaat, mohon bagikan (share) artikel ini agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih :)


EmoticonEmoticon