Saturday, March 25, 2017

Cara Ampuh Atasi Osteoporosis

Cara Ampuh Atasi Osteoporosis

Osteoporosis kondisi yang umum dialami oleh orang tua ,lebih memengaruhi wanita dibandingkan pria karena wanita memiliki massa tulang yang lebih sedikit dan karena produk hormone estrogen berkurang setelah menopause, yang mengurangi kemampuan tubuh untuk menyimpan kalsium didalam tulang.

Osteoporosis dapat menyebabkan degenarasi tulang punggung, yang dapat menyebabkan punggung bungkuk, dan menghasilkan tulang rapuh yang lebih mudah patah. Osteoporosis juga menyebabkan orang  tua menjadi lebih pendek karena tulang punggung saling menekan akibatnya hilangnya kalsium dalam tulang.

Penelitian menunjukkan bahwa protein yang berlebihan, khususnya daging merah (yang kandungan fospornya  20 kali lebih banyak dari pada kalsium), menyebabkan ketidakseimbangan rasio kalsium/fosfor dalam tubuh. Selain itu juga ditemukan bahwa daging merah mendorong pelepasan hormon paratiroid. Khusunya kandungan lemak jenuh yang terdapat dalam daging merah yang dapat mengganggu penyerapan kalsium.

Para dokter konvensional sering merekomendasikan terapi penggantian hormon sebagai cara untuk mencegah osteoporosis. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan jangka panjang dari berbagai hormone ini membantu mempertahankan kekuatan tulang ,meskipun tidak mengembalikan penurunan massa tulang yang telah terjadi. Masalah yang lebih pelik dari penggunaan obat-obatan ini adalah adanya efek samping dari penggunaan obat-obatan ini, termasuk meningkatnya peluang terkena kanker rahim dan penyakit  jantung. Selain itu, begitu berhenti mengonsumsi obat-obatan ini, pengeluaran kalsium meningkat secara drastis.

Berikut ini beberapa cara yang lebih murah dan lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan.
  • Gerakan tubuh. Olahraga khususnya latihan beban  seperti berjalan, tenis, menari, lompat tali, bola basket, lintas alam dan lain-lain. Tapi ingat bagi penderita seperti asma, dan jantung dilarang berolah raga yang berat.
  • Makanan kaya kalsium. Sardin, salmon, sayuran hijau, brokoli, tahu, air mineral, wijen, susu, keju dan yoghurt semuanya kaya akan kalsium.
  • Hindari makanan yang mengandung asam oksalat seperti bayam, lobak, cokelat, kacang mede, kacang almond, asparagus. Pada dasarnya semua makanan ini baik bagi tubuh, tapi jika dikonsumsi berlebihan tidak baik, karena dapat mengganggu penyerapan kalsium.
  • Hindari protein yang berlebihan, alcohol, kafein, garam (tidak lebih dari 3 gr/hari) tembakau, dan aluminium (dari deodorant tertentu, karena dapat merusak DNA). Penyebab yang lain adalah minuman bersoda dan makanan olahan.
  • Hindari obat-obatan seperti antacid, antibiotika, antidepresan, antikonvulsan, antikoagulan, obat tidur, penurun kolesterol, kortikosteroid (obat anti nyeri), diuretic, obat pencahar dan obat kemoterapeutik. Obat- obat ini mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh.
  • Berjemur dibawah sinar matahari (sebelum jam 10 dan setelah jam 4) karena sinar matahari mengubah ergesterol (terdapat dalam lemak) menjadi vitamin D, yang membantu pnyerapan kalsium dalam tubuh (Dana Ullman ,2012)


Note

Himbauan: Jika artikel ini memang bermanfaat, mohon bagikan (share) artikel ini agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih :)


EmoticonEmoticon