Sunday, March 19, 2017

Bahaya terlalu lama di depan komputer


Hampir setiap orang beranggapan bahwa bekerja di depan komputer lebih aman dari pada kerja di lapangan atau proyek konstruksi. Atas dasar itulah mereka kerap berlama lama duduk di depan komputer setiap hari. Terkadang mereka dapat duduk selama empat, lima, atau bahkan enam jam tanpa pernah berdiri atau meninggalkan tempat duduknya semenitpun.

Kebiasaan ini sangat tidak baik bagi kesehatan. Hal ini terjadi pola kerja seperti itu bisa menyebabkan resiko pembekuan darah vena (deep vein thrombosis atau DVT) hingga dua kali lipat. Risiko ini mungkin tidak bisa dirasakn secara langsung karena yang diserang adalah organ dalam. Namun demikian, dampaknya berbahaya karena dapat membawa penyakit diusia muda.

Risiko DVT seringkali dikaitkan  dengan aktivitas Duduk terlalu lama didepan kmputer. Pola kerja seperti ini bisa membawa risiko pembekuan darah yang terjadi dipembuluh vena dan biasanya bagian betis. Jika pembekuan ini tidak segera dicegah dengan aktivitas berdiri dan merenggangkan badan, lama - kelamaan pembulu darah akan pecah dan terbawa keparu-paru. Hal ini dapat berujung pada emboli paru-paru.

Oleh karena itu sangat disarankan bagi yang suka berlama-lama didepan komputer untuk rutin berdiri dan merenggangkan badan setiap dua jam sekali. Hal ini dilakukan guna mempertahankan kelancaran peredaran darah.

Selain DVT, risiko lain yang juga mengancam kebiasaan duduk berlama lama depan komputer adalah serangan bakteri dan virus ditempat kerja. Permukaan meja dan sela-sela papan ketik komputer bisa menjadi sumber penyakit karena menyimpan beragam bakteri dan virus berbahaya. Bahkan jumlahnya melebihi kloset dikamar mandi. Oleh karena itu rutinlah membersihkan keyboard anda.

Kebiasaan berlama lama duduk depan komputer memang sangat tidak baik bagi kesehatan. Berikut ini adalah tips praktis yang wajib anda terapkan .
  1. Minum air putih lebih sering .
  2. Berdiri setiap kali letih, berdirilah selama kurang lebih tiga menit. Kemudian menyelesaikan kembali pekerjaan anda.
  3. Naik tangga menuju ruangan, hal ini bermanfaaat membuat tubuh anda menjadi bugar. Selain itu peredaran darah diseluruh tubuh menjadi lancar.
  4. Berjalan berkeliling ruangan, Setiap dua jam sekali cobala berkeliling ruangan untuk sekedar merenggangkan tubuh. ( John Afifi , 2015)

Note

Himbauan: Jika artikel ini memang bermanfaat, mohon bagikan (share) artikel ini agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih :)

1 komentar so far

show

hide

Memang terlalu lama didepan computer emang berbahaya


EmoticonEmoticon