Saturday, March 4, 2017

Bahaya Makanan Kolesterol TInggi


Gaya hidup tinggi ternyata mampu melenakan hidup sebagian orang untuk terbiasa menyantap makanan. Kebiasaan ini pada dasarnya tidak baik dipelihara. Hal ini disebabkan tubuh menjadi rentan terkena serangan berbagai penyakit.

Menurut Asosiasi Penyakit Jantung Amerika, kadar kolesterol yang dikonsumsi melalui makanan harus dibawa 300 mg per hari. Jika terlalu tinggi bisa menyebabkan munculnya penyakit, seperti serangan jantung dan stroke. Adapun jika seseorang sudah memiliki kolesterol tinggi, maka takaran yang boleh dikonsumsi dibawah 200mg per hari. Jika lebih dari itu bisa menyebabkan penumpukan atau plak kolesterol jahat pada pembuluh darah. Hal ini bisa mnyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga suplai aliran darah menuju otak atau pembuluh jantung berkurang yang pada akhirnya bisa mnyebabkan serangan jantung dan stroke.

Berikut adalah beberapa makanan berkolesterol tinggi yang harus anda hindari:
  1. Hati, hati memiliki  kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Didalam 100gram hati terdapat setidaknya 564 mg.
  2. Kuning telur, telur merupakan makanan yang baik untuk tubuh karena kaya akan protein tapi bagi penderita kolesterol sebaiknya jangan makan kuningnya (putihnya saja). Didalam 100gram telur tetdapat kandungan kolesterol 1.200 mg.
  3. Margarin, dalam 100mg margarin terkandung sedikitnya 215 mg kolesterol. Margarin terdapat pada roti, kue, dan biskuit yg sering jadi cemilan.
  4. Burger Keju, mengandung sekitar 175mg kolesterol.
  5. Daging olahan, berbagai daging olahan menggunakan pengawet natrium yang tinggi. Olahan daging dari ayam, kambing, sapi, domba maupun babi memilki kandungan kolesterol yang cukup tinggi.
  6. Es Krim, ternyata memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Bahkan satu buah es krim dapat dikatakan memiliki kandungan kolesterol 10x lipat lebih tinggi dibanding dengan donat.
  7. Keju, memang kaya akan  protein dan kalsium. Akan tetapi, kandungan kolesterolnya juga tinggi. Dalam 100mg keju setidaknya terdapat 123mg kolesterol.
  8. Ayam, daging ayam yang digoreng juga mengandung kolesterol tinggi. Dalam hal ini kolesterolnya bnyak terletak pada bagian kulitnya.Anda boleh saja mengonsumsi ayam akan tetapi sebaiknya direbus atau dikukus, kemudian buang kulitnya.
  9. Udang, diketahui memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Setidaknya dalam 100mg udang terdapat 195 mg kolesterol. Anda boleh saja mengonsumsi udabg tetapi tidak boleh sering atau berlebihan. Selain itu cara pengolahannya sebaiknya direbus, tidak digoreng.

Yang paling  penting disini adalah disamping menghindari makanan yang banyak mengandung kolesterol sebaiknya diimbangi dengan berolahraga dan gaya hidup sehat, dan ingat segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik bukan????

Note

Himbauan: Jika artikel ini memang bermanfaat, mohon bagikan (share) artikel ini agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih :)

1 komentar so far

show

hide

Mntep infonya gan sangat bermanfaat


EmoticonEmoticon