Tuesday, December 20, 2016

Bahaya Penggunaan Gel Pembersih Tangan (Hand Sanitizer) sebelum makan

Bahaya Penggunaan Gel Pembersih Tangan (Hand Sanitizer) sebelum makan

Dizaman yang modern saat ini, kebanyakan orang tidak mau ketinggalan untuk ikut melakukan hal-hal praktis, salah satunya menggunakan gel pembersih tangan (hand sanitizer) sebelum makan. Hal ini mereka lakukan terus menerus hingga menjadi kebiasaan saat berada di luar rumah.

Menurut sebuah penelitian, kebiasaan seperti itu pada dasarnya tidak baik dilakukan. Sebab, kebiasaan tersebut bisa membawa dampak-dampak negatif, seperti resistensi antibiotik. Dalam hal ini resistensi antibiotik  disebabkan oleh kandungan triklosan yang terdapat dalam gel pembersih. Menurut BPOM Amerika Serikat, triklosan merupakan zat yang dapat membuat bakteri-bakteri di tangan mampu bertahan terhadap antibiotik sehingga memicu terjadinya resistensi. Bahkan dalam tingkatan yang lebih ganas, triklosan juga dapat memicu terbentuknya Methicillin-resistant Staphylococcus Aureus (MRSA), yakni sejenis bakteri jahat yang tahan terhadap berbagai jenis antibiotik.

Beberapa penelitian yang lain menemukan bahwa triklosan juga dapat mengganggu keseimbangan kadar hormonal di dalam tubuh sehingga menyebabkan siklus haid tidak teratur, keputihan terus-menerus, obesitas atau justru terlalu kurus, rambut mudah rontok, tumor jinak atau ganas, kanker rahim, gangguan kesuburan, serta jerawat. Sementara itu, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa triklosa dapat memicu terjadinya kerusakan pada otak dan pertumbuhan  sel-sel kanker dibagian payudara.

Tidak berhenti sampai disitu, kebiasaan menggunakan gel pembersih tangan sebelum makan juga dapat menyebabkan kelainan syaraf yang memicu munculnya penyakit-penyakit serius seperti stroke. Hal ini terjadi karena alkohol yang terkandung dalam gel pembersih ikut masuk ketubuh saat makan sehingga menjadi racun bagi sel saraf. Alkohol yang sudah berada dalam tubuh itu kemudian mengendap dialiran darah. Akibatnya ,kerja sistem saraf menjadi terganggu.

Kebiasaan menggunakan gel pembersih sebelum makan juga dapat menyebabkan kanker. Seperti yang umum diketahui gel pembersih mengandung zat kimia yang dikenal dengan nama paraben. Zat ini berfungsi seperti halnya triklosan yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri. Akan tetapi setelah dilakukan serangkaian penelitian, paraben justru dapat memicu gangguan kesehatan, seperti kanker pada kulit, rahim, serta getah bening.

Lebih lanjut, kebiasaan menggunakan gel pembersih tangan sebelum makan juga dapat menyebabkan terjadinya reaksi alergi, gangguan pada sistem reproduksi, iritasi kulit, dan masalah pada saluran pernapasan. Hal ini terjadi karena zat kimia pewangi yang terkandung di dalam gel pembersih tangan ikut masuk ke tubuh saat makan sehingga menjadi racun bagi tubuh.

Hal yang tidak kalah berbahaya adalah dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. hal ini terjadi karena bahan-bahan kimia dalam gel pembersih  tangan dapat membunuh bakteri-bakteri baik yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan jumlah bakteri normal dalam tubuh. Sehingga, sistem kekebalan tubuh menjadi lemah dan mudah terserang berbagai penyakit.

Oleh karena itu, sebaiknya dari sekarang berhenti membiasakan diri menggunakan hand sanitizer  sebelum makan. Dari pada menggunakan gel tersebut, sebaiknya menyempatkan mencuci tangan dengan sabun cair. Sebab cara itu terbukti lebih sehat dan dapat melindungi diri dari bakteri-bakteri jahat yang berbahaya saat menyantap makanan (John Afifi, 2015).

Note

Himbauan: Jika artikel ini memang bermanfaat, mohon bagikan (share) artikel ini agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih :)

5 komentar

show

hide

Meskipun kelihatannya aman-aman saja ternyata gel di tangan juga memiliki dampak buruk pada kesehatan

wah ternyata bahaya juga ya gan, terima kasih infonya, jadi lebih tahu

lebih terjamin cuci tangan pakai sabun dan air aja


EmoticonEmoticon