Wednesday, December 21, 2016

Bahaya mengonsumsi suplemen multivitamin secara berlebihan

Bahaya mengonsumsi suplemen multivitamin secara berlebihan

Untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan fit, kebanyakan orang suka membiasakan diri mengonsumsi suplemen multivitamin. Kebiasaan ini pada dasarnya kurang baik bagi kesehatan tubuh. Sebab, suplemen multivitamin memiliki efek samping dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh, meskipun bisa memenuhi kebutuhan harian.


Sebelum kerusakan pada organ tubuh itu terjadi, suplemen multivitamin akan membuat tubuh menolak vitamin A, D, E dan K yang masuk ketubuh secara bertahap. Kondisi ini terjadi karena tubuh merasa kelebihan vitamin. Akibatnya, suplemen multivitamin justru mendatangkan efek samping, seperti mual, diare, kram, rambut rontok, kelelahan, dan kerusakan saraf ringan.


Apabila gejala tersebut masih terus berlanjut maka akan terjadi efek samping yang lebih berbahaya. Efek-efek berbahaya mencakup bisa menyebabkan batu ginjal, jika tubuh merasa kelebihan vitamin C, mulut kering, kencing batu, jika tubuh merasa kelebihan kalsium (Ca), serta menyebabkan pendarahan jika tubuh merasa kelebihan vitamin E.


Sampai pada tahap ini, apabila seseorang masih membiasakan diri mengonsumsi suplemen multivitamin secara berlebihan, multivitamin yang dikonsumsi akan berubah menjadi racun. Hal ini terjadi karena suplemen multivitamin mengandung banyak kontaminan berbahaya, termasuk bahan kimia dan logam berat. Sehingga berbagai masalah kesehatan dapat muncul, mulai dari yang ringan sampai berat.


Bersamaan dengan itu, sistem kekebalan tubuh juga akan mulai memburuk. Pada akhhirnya, terjadi kerusakan pada organ-organ penting dalam tubuh seperti hati serta menggerogoti kepadatan tulang. Oleh karena itu, sebaiknya jangan membiasakan diri mengonsumsi suplemen multivitamin. Jika ingin mengonsumsinya maka sebaiknya harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar mendapat dosis dan cara pemakaian yang tepat (Dion Yuliana, 2007).

Note

Himbauan: Jika artikel ini memang bermanfaat, mohon bagikan (share) artikel ini agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih :)

1 komentar so far

show

hide

Jadi tetap ada bahanya ya gan... Meski sudah pakai gel


EmoticonEmoticon