Saturday, December 24, 2016

Bahaya mengonsumsi minuman bersoda

Bahaya mengonsumsi minuman bersoda

Minuman soda memang terasa nikmat dan segar ditenggorokan, terutama saat dikonsumsi setelah beraktivitas. Tubuh yang awalnya capek tiba-tiba kembali segar. Tak heran jika minuman soda sangat digemari dikalangan masyarakat. Bahkan ada yang menjadikan minuman soda sebagai minuman wajib alias pokok setiap hari.

Hal seperti itu tentunya tidak akan terjadi bila mereka menyadari dampak negatif dari minuman soda. Kandungan zat di dalam minuman soda sangat berbahaya bagi tubuh jika terus dikonsumsi. Minuman soda mengandung aspartame, yaitu pemanis buatan yang dapat merangsang kematian sel-sel otak. Aspartame pada dasarnya digunakan sebagai pengganti gula. Aspartame bisa memicu datangnya hampir seratus masalah kesehatan yang berbeda,seperti kejang, tumor otak, diabetes, gangguan emosional, bahkan merangsang kematian sel-sel otak.


Minuman bersoda juga mengandung asam fosfat yang bisa mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium serta dapat menyebabkan pengeroposan tulang dan gigi berlubang.Selain itu,asam fosfat juga menyebabkan proses pencernaan menjadi lambat sekaligus mengikis penyerapan gizi. Sebab bahan ini berinteraksi langsung dengan asam lambung setelah masuk ketubuh melalui minuman.


Selain aspartame dan asam folat ,minuman bersoda juga mengandung kafein. Dalam hal ini kafein didalam minuman soda tidak seperti kafein pada kopi yang bersifat menyenangkan. Kafein dalam soda dapat menyebabkan kegelisahan, hipertensi, insomnia, denyut jantung tidak teratur, peningkatan kadar kolesterol, serta memicu timbulnya sel-sel kanker.


Minum satu kaleng minuman soda bisa meningkatkan resiko terkena stroke atau penyakit diabetes. Para ahli juga meyakini bahwa terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda bisa meningkatkan tekanan darah yang pada akhirnya menyebabkan jantung terbakar (heartburn). Selain itu, bisa juga terjadi sindrom metabolik, termasuk gejala obesitas, gagal ginjal, kolesterol tinggi, serta perlawanan insulin (insulin resistance).


Meskipun ada banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari minuman bersoda, masih banyak yang membiasakan hal tersebut. Kebiasaan ini tentu sangat merugikan kesehatan. Jika anda sudah terbiasa mengonsumsi minuman soda, mulai dari sekarang hentikan kebiasaan tersebut sebelum merugikan kesehatan anda lebih jauh (John Afifi, 2015).

Note

Himbauan: Jika artikel ini memang bermanfaat, mohon bagikan (share) artikel ini agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih :)

8 komentar

show

hide

Wah ada bahayanya juga ya, harus dikurangi nih

wih harus mengurangi nih minum soda

Bahya nih padahal gue suka banget soda.

wahh aneee baru tau minuman soda bisa membuat gigi berlubang..tnk da atas informasinya

bahaya juga ya saya emang jarang sih minum gituan

Justru banyak pasien rumah sakit kebanyakan dari bahaya minum soda


EmoticonEmoticon