Wednesday, November 30, 2016

STOP Pestisida Rumah Tangga (Obat Anti Nyamuk)

Selamat malam gan, bagaimana kabar kalian, saya selalu berharap kalian semua sehat. Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya dapat kembali menulis artikel ini setelah kemarin lumayan sibuk. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sesuatu yang mungkin dianggap tidak penting tapi sangat penting. Apakah itu? saya akan membahas tentang penggunaan pestisida rumah tangga atau dikenal secara umum dengan istilah obat anti nyamuk.

Obat antinyamuk adalah pestisida rumah tangga yang paling populer digunakan semua lapisan masyarakat. Merebaknya penyakit demam berdarah membuat sebagian orang makin tak terkendali menggunakan produk antinyamuk. Pengaruh iklan yang menjerumuskan juga membuat orang makin tidak waspada terhadap bahaya penggunaan produk antinyamuk secara berlebihan. Pengaruh iklan sangat meracuni pikiran konsumen terutama mereka yang kurang pengetahuan. Untuk itu sosialisasi pada konsumen tentang cara penggunaan obat antinyamuk benar sangat diperlukan.
Bahan kimia aktif yanh digunakan obat antinyamuk di Indonesia adalah diklorvos, propoksur, dan transflutrin. Dari ketiga jenis itu, yang paling berbahaya adalah siklorvos dan propoksur. Menurut Pesticide Action Network, sebuah organisasi internasional yang berfokus pada pestisida Amerika Serikat, diklorvos dan propoksur sering dipakai pada produk anti nyamuk semprot,bakar,lotion,dan elektrik,

Obat Antinyamuk Semprot
Biasa juga disebut obat antinyamuk cair yang penggunaanya disemprot. Meskipun bentuknya berubah saat digunakan, zat aktifnya tidak hilang atau menyatu dengan oksigen, karena zat aktif yang disemprotka lebih berat dari oksigen. Setelah disemprotkan, zat aktif antinyamuk ini akan berjatuhan di setiap tempat dan benda yang ada diruangan yang kemudian menjadi media penghantar masuk ke dalam tubuh.

Obat Antinyamuk Bakar
Jenis ini mengandung zat kimia sintetik aktif (alletrin, transflutrin, pralethrin, bioallethrin, esbiothrin) yang sudah dibentuk sedemikian rupa sehingga mampu dihantarkan asap. Penggunaan diruang tertutup sering didasari oleh pemikiran bahwa obat antinyamuk bakar akan menjadi percuma jika digunakan ditempat terbuka, padahal kalau seperti ini tentu senyawa aktif dan senyawa baru yang terbentuk dari prosea pembakaran berada dalam jangkauan pernapasan kita. Bahan kimia sintetik antinyamuk yang dilepas dalam bentuk gas (aerosol) ini mendesak oksigen sehingga distribusi oksigen dalam ruangan tidak merata. Tak heran bila saat menggunakan obat antinyamuk bakar dalam ruangan, napas terasa agak berat.

Obat Antinyamuk Listrik(Mat)
Obat antinyamuk bentuk mat tak jauh berbeda daru yanh bakar, keduanya baru efektif bekerja setelah ada penguapan setelah dipanaskan. Obat antinyamuk ini juga mengandung bahan aktif (seperti alletrin, transflutrin,atau pralethrin) pada pulpnya, bahan penstabil,dan bahan kimia organik tertentu yang menguap jika dipanaskan. Kadang-kadang setelah beberapa kali atau lama menggunakannya, efek obat antinyanuk jenis ini baru terasa.

Obat Antinyamuk Lotion
Obat antinyamuk ini menggunakan campuran yang memudahkan meresap kedalam kulit. Mediator obat nyamuk ini adalah kulit kita sendiri. Belum lagi obat antinyamuk jenis ini yang menggunakan campuran diethyltoluamide (DEET) yang sifaatnya korosif, yang keberadaanya bisa mengikis lapisan kulit kita,jangankan kulit manusia, DEET ini sangat mampu mengikis plastik .

Gangguan Kesehatan
Efek pemakaian obat antinyamuk yang biasa dirasakan langsung akan berbeda-beda tiap individu. Namun, umumnya berakibat buruk terutama pada anak-anak mulai dari sesak napas, alergi dalam bentuk gangguan dikulit,iritasi kulit, batuk, pusing, mual, muntah bahkan pingsan. Bahkan tidak menutup kemungkinan menghambat perkembangan otak anak.

Untuk jangka panjang kontak dengan obat antinyamuk setiap hari dan kontinu dapat menyebabkan kanker pari-paru dan kanker kulit pada 5-10 tahun kedepan. Penggunaan bahan kimia secara tidak proporsional dapat memicu terjadinya kerusakan sistem saraf.

Bahaya yang timbul mengingat bahan sintetik yang ada dalam obat antinyamuk akan menghambat kerja enzim acetylcholinesterase (AChE), yaitu enzim yang bekerja pada sistem sawar otak dan dapat memicu transfer sinyal (neurotransmitter) pada saraf manusia. Jika enzim itu terganggu akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti sering pusing dan mual, serta lebih lanjut akan mengganggu kemampuan berfiki,terutama pada anak-anak.
 
Pertolongan pertama ika kita merasa terkena racun obat antinyamuk,seperti merasa sesak napas,alergi dalam bentuk gangguan kulit,kulit iritasi, batuk-batuk ,pusing,mual, muntah maka segeralah ke luar raungan, barbaring ditempat terbuka dan hirup udara segar sebanyak mungkin. Setelah itu, sesegeta mungkin pergi ke dokter.

Penggunaan Obat Antinyamuk Secara Tepat:
  • Pilih obat nyamuk yang tepat, memilih obat antinyamuk memang tidak mudah. Mendapatkan obat antinyamuk yang aman 100% tidaklah mungkin, namun kita masih meminimalkan efek yang tidak diharapkan. Untuk itu pilih produk yang sudah terdaftar di departemen kesehatan. Selain itu, perhatikan komposisi yang ada di dalamnya.
  • Gunakan ditempat yang berventilasi lebar atau ruangan terbuka. Untuk obat nyamuk semprot, penggunaannya minimal 2 jam sebwlum masuk ke ruangan. Hal ini dimaksdukan agar jumlah racun yang ada sudah berkurang,selain itu sipenyemprot disarankan memakai masker antipolusi. Untuk yang listrik 2 jam sebelum penghuni masuk ruangan ,obat anti nyamuk harus sudah dinonaktifkan.
  • Obat antinyamuk lotion sebaiknya tidak digunakan oleh anak, ibu hamil dan ibu menyusui karena kandungannya yang bersifat korosif dapat diserap kulit. Bagi orang dewasa yg ingin menggunakan lotion maka gunakanlah sesedikit mungkin.

Alternatif lain:
  • Menjaga kebersihan dan memasang kelambu 
  • Berantas dengan tanaman
    Tanaman yang dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk diantaranya kemangi, serai, zodia, geranium, kayu putih, dan lavender. Tanaman-tanaman tersebut mengandung minyak atsiri yang dapat diborehkan ke kulit sehingga nyamuk tidak mau menggigit.
  • Berantas dengan ikan
    Untuk urusan nyamuk sebenarnya ikan adalah jagonya karena merupakan predator nyamuk yang andal. Ikan dapat dengan mudah memberantas jentik- jentik nyamuk. Contoh ikan yang ampuh untuk memangsa jentik-jentik nyamuk diantaranya ikan gupy, ikan platy atau ikan moly, ikan cere atau gambusia yang hidup diselokan. Pada intinya semua ikan boleh digunakan asalkan sering berada dipermukaanair ( Nurheti Yuliarti,2008)
Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan bagi penulis sendiri. Jadilah manusia yang selalu menyayangi diri dengan menjaga kesehatan.

Note

Himbauan: Jika artikel ini memang bermanfaat, mohon bagikan (share) artikel ini agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih :)

5 komentar

show

hide


EmoticonEmoticon