Wednesday, November 16, 2016

Obesitas

Selamat malam gan, bagaimana kabarnya, kali ini ane enaknya bahas apa ya? Oh ini aja bagaimana kalau kita bahas tentang Obesitas. Gimana setuju kan? Setuju dong. Kalau begitu langsung saja deh, ane juga malas basa basinya... Silahkan simak dan cermati ya gaaann..

  • Definisi Obesitas
Obesitas atau kegemukan adalah istilah yang digunakan untuk menujukkan adanya penumpukan lemak tubuh yang melebihi batas normal.Sebutan "the New World syndrom" diberikan untuk obesitas yang telah menjadi suatu epidemic global diseluruh dunia.Obesitas merupakan akibat ketidakseimbangan antara asupan energi dengan energi yang digunakan.Ketidakseimbangan ini dipengaruhi oleh pola konsumsi ,aktivitas fisik ,konsumsi alkohol ,jenis pekerjaan,umur,sosial ekonomi,pendidikan,jenis kelamin,budaya dan faktor genetik.Obesitas memiliki resiko terjadinya beberapa penyakit kronis seperti kardiovaskuler,diabetes,dan kanker (Garrows,dkk,2000).
   
  • Jenis/Type Obesitas
Tipe Obesitas Berdasarkan Bentuk Tubuh
  1. Obesitas Tipe Buah Apel
    Pada pria umumnya menyimpan lemak dibawah kulit dinding perut dan rpngga perut sehingga perut tampak gemuk dan mempunyai bentuk tubuh seperti buah apel (apple type).
  2. Obesitas Tipe Buah Pear
    Kelebihan lemak pada wanita disimpan dibawah kulit bagian daerah pinggul dan paha ,sehingga tubuh berbentuk seperti buah pear (pear type).
  • Penyebab Obesitas
Terjadinya obesitas melibatkan beberapa faktor yaitu:
  1. Faktor genetik
    Obesitas cenderung diturunkan ,sehingga diduga memiliki penyebab genetik.Penelitian terbaru menunjukkan bahwa rata-rata faktor genetik memberikan pengaruh sebesar 30% terhadap BB seseorang.
  2. Faktor makanan
     Seseorang mengonsumsi makanan dengan kandungan energi sesuai yang dibutuhkan tubuh ,maka tidak ada energi yang disimpan.sebaliknya jika mengonsumsi makanan dengan energi melebihi yang dibutuhkan tubuh ,maka kelebihan energi akan disimpan sebagai cadangan energi terutama sebagai lemak .
  3. Karakteristik individu
    Obesitas pada orang dewasa terjadi karena sudah menumpuk lemak dalam tubuh pada pria dan wanita yang berumur lebih dari 30 tahun.
  4. Faktor fisiologi
    Overweight dan obesitas meningkat sesuai dengan pertambahan umur dan kemudian menurun sebelum akhirnya berhenti pada usia lanjut.
  5. Aktivitas fisik
    Kegemukan disebabkan oleh ketidakseimbangan kalori yang masuk dibanding yang keluar.Kalori diperoleh dari makanan sedangkan pengeluarannya melalui aktivitas tubuh dan olahraga.
  6. Faktor hormon
    Menurunnya hormon tyroid dalam tubuh  akibatnya turunnya fungsi kalenjer tyroid akan mempengaruhi metabolisme dimana kemampuan menggunakan energi akan berkurang.
  7. Gaya hidup (life style) yang kurang tepat
    Kamajuan sosial ekonomi ,teknologi dan informasi yang global telah menyebabkan perubahan gaya hidup yang meliputi pola pikir dan sikap yang terlihat dari pola kebiasaan makan dan beraktifitas fisik .
  • Gangguan kesehatan akibat obesitas
Beberapa gangguan yang ditimbulkan karena obesitas antara lain (Tandra,2010)
  1. Berat badan yang berlebihan akan membebani lutut dan panggul,sehingga bisa timbul radang sendi.
  2. Beban kerja pada jantung dalam memompa darah ke jaringan yang obesitas menjadi bertambah berat.
  3. Beban pada jantung juga berdampak pada paru dan jalan napas,sehingga timbul sesak napas.
  4. Daya tahan tubuh orang obesitas menurun sehingga mudah sakit.
  5. Lemak yang menumpuk dipanggul dan dalam perut menyebabkan peningkatan banyak bahan kimia dan hormon.
  6. Kolesterol dan trigliserida darah meningkat ,mempermudah terjadi penyakit jantung dan stroke.
  7. Pengaruh pada ginjal menyebabkan hipertensi.
  8. Seperti halnya alkohol ,fungsi sel hati akan terganggu.
  9. Tercatat sekitar 20 macam kanker lebih mudah terjadi pada obesitas.
  • Atasi Obesitas
Untuk mengatasi obesitas secara tepat ,dieprlukan usaha-usaha yang dapat membantu diri sendiri sehingga memberikan hasil yang baik.Beberapa upaya yang baik untuk mendukung keberhasilan penurunan berat badan dalam mengatasi obesitas yaitu:
  1. Membuat komitmen.
    Kita harus benar-benar termotivasi menurunkan berat badan karena itu keinginan kita sendiri ,bukan karena orang lain.Dokter,ahli gizi ,ahli kesehatan lain ,kalian juga bisa bertanya sama orang- orang farmasi .
  2. Berpikir positif .
    Untuk dapat berpikir positif sebaiknya jangan memikirkan kenikmatan yang terlepas selama menurunkan berat badan..
  3. Tentukan skala prioritas
    Apapun yang direncanaka,jika terjadwal dapat berjalan lebih lancar.
  4. Buat target realistis.
    Jangan mencoba mencapai berat badan yang ideal menurut masyarakta namun tidak realistis.Sebaliknya ,buatlah target berat badan yang akan memperbaiki kesehatan.
  5. Kendalikan berat badan
    Banyak orang yg sudah turun berat bdannya ,apabila berhenti atau tidak disiplin sedikit saja ,godaan makanan berlemak dan manis akan membuatnya makan lebih banyak.

  6. (IP.SUIRAOKA,2012)
Ada juga beberapa tips yang dapat diaplikasikan ketika anda harus keluar rumah:
  1. Sebaiknya tidak pergi dalan keadaan lapar.
  2. Bijaklah dalam memilih makanan ketika ada pesta atau restoran.
  3. Jauhi kebiasaan ngemil, hal ini sering kali dilakukan korban2 galau .Tips untuk meninggal kebiasaan ngemil berlebihan yaitu jauhi penyebab galau, putuskan pacar mungkin 😂
  4. Makan sebaiknya tidak terlalu cepat.
  5. Jangan memesan makanan terlalu berlebihan meskipun gratiiiisss.
  6. Biasakan memilih menu yang sehat .
Oke deh, itu saja info yang ingin saya bagikan kepada agan-agan semua, dengan demikian maka berakhirlah pembahasan kita kali ini :) Semoga bermanfaat ya gan.

Byeeee

    Note

    Himbauan: Jika artikel ini memang bermanfaat, mohon bagikan (share) artikel ini agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih :)


    EmoticonEmoticon