Thursday, November 17, 2016

Kendalikan stres

Selamat malam gan, Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kita ketemu lagi. Dalam beberapa kondisi terkada ada moment dimana kita akan merasa suntuk terhadap sesuatu dan bisa berujung stres. Stres disini maksudnya buka gila ya gan, tapi keadaan dimana kita merasa tertekan ataupun merasa tertekan karena memikirkan suatu hal. Baik itu berupa masalah kerjaan, masalah rumah tangga, masalah asmara, dan lain sebagainya.

Kalau kondisi ini dibiarkan berlarut-larut maka akan sangat merugikan gan, dari segi fisik kita akan bertambah kurus karena kebanyakan mikir, tp mikirnya tidak mendatangkan manfaat. Dari segi psikis akan sangat mengganggu kejiwaan, dan masih banyak lagi sudut pandang lainnya. Maka dari itu saya mau bagikan cara mengendalikan stres. Lho. Emang bisa dikendalikan? ya bisa dong, silahkan baca dan cermati tips berikut.

Kebanyakan orang yang hidup pada zaman ini,mengalami tingkat kecemasan yang diakibatkan oleh tekanan-tekanan  dalam masyarakat yang semakin rumit ,kompetitif dan tidak selalu mendukung .Memang stress terkadang diperlukan pada tingkat tertentu untuk menjaga agar tubuh tetap siaga dan waspada .Namun bila tingkat stress terlalu besar,maka akan berdampak kurang baik bagi tubuh (Iskandar,2010).
Stress memiliki pengaruh yang cukup besar bagi tubuh karena akan menguras vitamin dan mineral. Stress merangsang pengeluaran hormon adrenalin secara berlebihan ,sementara untuk memproduksi hormon tersebut dibutuhkan vitamin B,mineral,zinc,kalium dan kalsium.Pada saat seseorang mengalami tekanan ermosional ,laju penggunaan vitamin C akan meningkat.Seseorang bahkan bisa kehilangan vitamin C hingga 2500mg ketika dalam kondisi marah (Sutanto,2010). 

Ada tiga macam stress,yaitu stress biologis (infeksi yang disebabkan oleh bakteri ,jamur,maupum virus),stress psikis ( mental,kejiwaan dan emosional) dan stress fisik.Ketiga jenis stress ini dapat mengakibatkan hati memproduksi radikal bebas secara berlebihan dan juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga terjadi gangguan keseimbangan hormon yang mengakibatkan terganggunya fungsi tubuh
(Iskandar,2004).

Stress dapat dihindari dengan cara menghindari gaya hidup stress dan berupaya untuk melakukan kegiatan relaksasi serta hidup yang cukup

Manajemen waktu yang baik akan dapat mengurangi streess (menu sehat,2008). Beberapa manajemen waktu antara lain:
  1. Membuat jadwal seimbang
    Bekerja terus menerus tanpa waktu santai sama halnya menciptakan kehidupan yang penuh stress.
  2. Jangan berlebihan menetapkan target
    Hindari rencana yang terlalu padat dalam sehari.
  3. Prioritaskan tugas
    Buatlah daftar tugas dalam sebuah catatan dan urutkan berdasarkan skala prioritas .
  4. Lebih terencana
    Lebih fokus pada tugas tugas kecil yang terencana dari pada mengerjakan banyak tugas yg tidak terencana.
  5. Delegasikan wewenang
    Tidak harus mengerjakan semua tugas sendirian tapi delelegasikan pada orang yang bisa melakukan tugas tersebut.
  6. Membaca buku
    Membaca buku akan memberikan pengalaman dan petualangan tersendiri bagi pembacanya.
  7. Mempelajari hal baru
    Beberapa hal baru yang dapat dipelajari seperti : menjahit, merangkai bunga,cooking,dll
  8. Berdiri,ayunkan lengan kekiri dan kekanan sambik terus mengatakan berulang-ulang "saya tidak peduli"
  9. Gerak-gerakkan jari kaki
    Menggerakkan jari kaki juga dapat melepaskan ketegangan saraf.
  10. Melakukan sesuatu tanpa focus perhatian seperti ,jiplak gambar atau menghubungkan titik.
  11. Membayangkan berada didalam balon
    Lain kali saat bos atau orang lain yang ada disekitar anda membuat anda marah atau jengkel,bayangkan anda berada dalam balon yang tidak dapat ditembus .Begitu saran ahli psikologi Richard Driscoll,Ph.D., dalam buku Mental to Brush off Hostility.Sesudah itu ,bayangkan semua ucapan orang tersebut memantul balik tanpa menyentuh anda.
  12. Membingkai foto
    Foto ketika pernah meraih sesuatu akan dapat meningkatkan rasa percaya diri.
  13. Pukul dada seperti kera
    Menurut ahli psikologi Doe Lang ,Ph.D., memukul-mukul dada akan menstimulasi kalenjer timus dipangkal leher untuk memproduksi hormone timosin yang berkaitan dengan rasa tenang dan sejahtera
  14. Tetapkan kegiatan rutin
  15. Warna pembangkit rasa bahagia
    Studi warna menunjukka bahwa warna kuning dapat mempengaruhi gelombang otak,memicu sikap yang lebih bersemangat dan riang dalam hitungan detik.Saat ini, banyak dokter dan rumah sakit mengecat dinding dengan warna kuning untuk memperbaiki perasaan pasien
  16. Bayangkan tempat yang indah
  17. Diskusi ,curhat,dan menulis
    Diskusikan masalah dengan orang yang dapat dipercaya .Berdiskusi akan mengurangi ketegangan.Curhat dengan sahabat yang berfikir positif yang benar dan mengambil jalan keluar yang baik.Anda juga bisa menulis, dengan menulis anda akan dapat merekonstruksi kembali masalah anda,dan Menemukan solusi yang tepat.
  18. Melepaskan stress dengan rekreasi dan hobi
  19. Jangan melarikan diri pada narkoba dan alkohol,carilah bantuan psikolog atau psikiater
  20. Jangan mengulangi kelakuan bodoh dimasa lalu.
Nah itu dia gan cara mengendalikan stres. Saya sih berharap agan-agan para pembaca jangan sampai mengalami stress, tapi jika sampai terjadi mudah-mudahan info ini dapat mengatasi masalah agan. Sekian dulu deh pembahasan kali ini sekali lagi mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih.

    Note

    Himbauan: Jika artikel ini memang bermanfaat, mohon bagikan (share) artikel ini agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih :)

    7 komentar

    show

    hide

    Wah banyak juga nih cara untuk mengatasinya... :D

    Penting ini agar tidak mudah jenuh dan stress gan. Pelajari dan praktek insyaallah akan aman

    di coba dlu gan, tp bnyak amat smpi 20

    banyak juga ya caranya,
    kalo saya stres kalo lgi gx punya duit dh itu aja

    kalau saya sih pasti langsung refreshing biar ga stres :D


    EmoticonEmoticon