Friday, November 25, 2016

Bahaya Rokok sebagai Racun Mematikan

Selamat sore gan, Bagaimana kabarnya hari ini. Saya cuma berharap pada sore hari dengan cuaca hujan ini kalian semua sehat selalu. Oh iya ngomong-ngomong soal hujan di tempat agan hujan tidak? soalnya di tempat saya sudah beberapa hari turun hujan. Kok malah bahas hujan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang rokok dan bahayanya bagi kesehatan.

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang sangat akrab dengan tembakau dan hasil olahannya (dalam hal ini rokok). Rokok dalam masyarakat bukan hanya semata-mata sebagai suatu bahan yang membuat seseorang menjadi tenang dan nyaman namun juga aspek sosial dan pergaulan dalam masyarakat. Dampak akibat rokok demikian parahnya, dan bahkan diklaim sebagai salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Pernyataan ini mungkin kesannya berlebihan ,namun sekitar tiga juta orang diseluruh dunia meninggal setiap tahunnya akibat ROKOK. Meskipun yang menentukan hidup dan  mati manusia adalah Tuhan, sebagai manusia kita hanya perlu menjaga kesehatan yang telah dianugerahkan oleh Sang Pencipta.

Seringkali rokok diibaratkan sebagai pabrik bahan kimia. Hal ini dikarenakan banyaknya bahan kimia yang ada didalamnya lebih dari 4.000 bahan kimia dan 40 diantaranya bersifat karsinogen. Bahan kimia tersebut diantaranya yang paling berbahaya adalah:
  1. Nikotin : menyebabkan ketagihan dan penyakit jantung.
  2. Tar : menyebabkan kanker.
  3. CO (karbon monoksida) mneyebabkan gangguan fungsi jaringan.
Perokok aktif adalah orang yang mengkonsumsi rokok secara rutin. Sedangkan perokok pasif adalah orang yang bukan perokok tapi menghirup asap rokok orang lain. Merokok memyebabkan elastisitas pembulu darah berkurang sehingga meningkatkan faktor pembekuan darah yang memicu penyakit jantung dan stroke.

Merokok menyebabkan sekitar 90% kematian akibat kanker paru pada pria dan 80% pada wanita. Riset menunjukkan bahwa bukan perokok yang tinggal bersama perokok memiliki resiko 24% lebih tinggi untukengidap kanker paru.

Merokok juga meningkatkan resiko kematian karena penyakit paru kronis hingga sepuluh kali lipat. Sekitar 90% kematian kerena penyakut paru kronis disebabkan oleh rokok. Merokok berakibat buruk terhadap kesehatan reproduksi dan janin dalam kandungan,termasuk keguguran,kematian janin,bayi lahir berat badan rendah,sindrom kematian mendadak bayi.

Rokok dapat merusak tubuh kita dengan mekanisme(Majalah kesehatan):
  • Nikotin mencapai otak dalam 10 detik setelah rokok dihisap, lalu menyebar ke seluruh bagian tubuh melalui sirkulasi darah,termasuk pada Air Susu Ibu.
  • Karbon monoksida dari asap rokok mengikat hemoglobin dalam sel darah merah,menurunkan fungsinya dalam menyalurkan oksigen secara penuh.
  • Unsur-unsur penyebab kanker( karsinogen)pada tembakau merusak gen-gen penting yang mengendalikan pertumbuhan sel, sehingga sel-sel tumbuh tidak normal atau berkembang terlalu cepat.
  • Unsur karsinogen yang bernama benzopiren mengikat sel-sel di saluran nafas dan organ penting lain dari perokok sehingga menyebabkan kanker (IP.SUIRAOKA,2012).
Berikut beberapa tips untuk berhenti merokok:
  • Bagia anda yang ingin berhenti merokok disarankan jangan langsung berhenti seutuhnya, cobalah untuk mengurangi satu batang rokok dalam sehari ,kemudian hari berikutnya dikurangi lagi, sampai anda terbiasa tanpa rokok.
  • Ganti rokok dengan permen ,jadi apabila anda ingin merokok anda sebaiknya menggantinya dengan permen, seperti permen yang mengandung mints yang memerikan sensasi segar dimulut.
  • Coba terapi diri anda sendiri,ingatlah keluarga anda,ingat anak-anak anda, yang bisa saja terkena penyakit karena menghirup asap rokok. Dan juga berapa biaya yang sudah anda keluarkan demi uang rokok, yang lebih bagus jika dijadikan tabungan.
  • Anda juga bisa mencoba terapi farmakologi (obat). Sekarang sudah ada beberapa golongan obat untuk terapi berhenti merokok seperti golongan obat MAO (monoaminooksidase).
Sekian pembahasan tentang rokok gan, semoga bermanfaat bagi kita semua, dan terima kasih.

Note

Himbauan: Jika artikel ini memang bermanfaat, mohon bagikan (share) artikel ini agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih :)

4 komentar

show

hide

bener itu gan merokok dapet merusak organ organ yang ada di dalam tubuh kita alangkah baiknya tidak merokok gan


EmoticonEmoticon